1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Increfest 2019 Hadir Untuk Pacu Pertumbuhan Produk Kreatif Animasi

"Kegiatan ini menjadi tolok ukur bagi pemerintah bagaimana kemajuan industri di bidang elektronika dan telematika".

Agus Kurniawan. ©2019 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 13 September 2019 17:34

Merdeka.com, Bandung - Sebuah kompetisi yang ditujukan untuk para starup di bidang elektroika dan telemika hadir. Kompetisi tersebut bertajuk Increfest. Kompetisi ini hadir sebagai upaya untuk memacu pertumbuhan produk kreatif khususnya animasi.

PLT Kasubdit Industri Software dan Konten, Agus Kurniawan mengatakan, Increfest yang setiap tahun diselenggarakan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Industri Elektronika dan Telematika, Ditjen ILMATE - Kementerian Perindustrian.

Dalam kompetisi ini, ada tiga kategori yang dikompetisikan. Yakni animasi, games, dan software.

"Kegiatan ini menjadi tolok ukur bagi pemerintah bagaimana kemajuan industri di bidang elektronika dan telematika," ujar Agus kepada Merdeka Bandung, Jumat (13/9).

Ia menjelaskan, kegiatan kompetisi produk kreatif telematika bidang animasi ini dilaksanakan bertujuan untuk dapat bersosialisasi dengan para pengembang lain dan memberikan lingkungan yang lebih kreatif terhadap industri animasi itu sendiri.

"Maksud dan tujuannya jelas, di antaranya untuk merangsang para pengembang (developer) animasi menghasilkan karya kreatif dari lokal konten. Sehingga melalui karya nyata anak bangsa ini kepercayaan pemerhati animasi secara khusus dan masyarakat secara umum semakin meningkat terhadap pengembang lokal," jelas dia.

Selain itu, kehadiran kegiatan ini juga memacu para pengembang lokal untuk meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan kreatifitas.

Tiga kategori dalam kompetisiIncrefest 2019 adalah animasi. Kategori ini mengajak peserta membuat sebuah 'info/video grephic' atau 'animation info' yang bertemakan 'sosialisasi atau informasi kebijakan di pemerintahan baik itu di Kemenperin atau di pemerintah lainnya'.

Kategori Games, yakni membuat sebuah App Games, bisa berupa Games PC, Games FB, Games Client Server, Games Flash, atau Games SmartPhone.

Terakhir, kategori software yakni membuat software dan mobile app bisa merupa IoT, robotic, printer 3D, big data analysis, clod computing, artificial inteligent atau machine learning, wearable/AR/VR, atau automation.

(ES/AA)
  1. Teknologi
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA