1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Hujan Deras, Kota Bandung Disergap Banjir

"Curah air yg sangat besar saluran tidak dapat menampung secara sempurna," ujar Arif.

banjir di Gedebage . ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 22 November 2018 20:00

Merdeka.com, Bandung - Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kota Bandung pada Rabu (22/11) siang membuat sejumlah ruas jalan disergap banjir. Tak hanya banjir, angin kencang juga membuat pohon tumbang.

Hujan mengguyur Kota Bandung sekitar pukul 14.30 WIB. Curah hujan yang cukup tinggi membuat saluran air tidak mampu menampung debit air sehingga akhirnya melimpas ke jalan.

Berdasarkan pantauan, banjir hampir terjadi merata di seluruh wilayah Bandung. Di pusat Kota, banjir terjadi di Jalan Ir H Djuanda (Dago). Saluran air tidak mampu menampung tingginya volume air. Kontur jalan yang menurun membuat air dengan cepat mengalir dari wilayah utara.

Sementara di wilayah Timur banjir menyergap wilayah Gedebage dan Jalan Rumah Sakit. Kondisi terparah terjadi di sekitar wilayah Pasar Gedebage. Bahkan limpasan air sempat masuk ke kantor PD Pasar yang berada di lokasi. Adapun di wilayah Bandung Selatan banjir terjadi di Moh Toha dan Buah Batu .

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arif Prasetya mengatakan, jika banjir yang terjadi kali ini disebabkan tingginya curah hujan.

"Curah air yg sangat besar saluran tidak dapat menampung secara sempurna," ujar Arif kepada wartawan, Kamis (22/11).

Dari laporan yang masuk kepada DPU, Arif menyebut banjir terjadi di sejumlah wilayah di antaranya Jalan Rumah Sakit, Perempatan Gedebage, Jalan Ahmad Yani, Cikutra, perempatan Jalan Laswi-Sukabumi, Pasar Induk Gedebage, Ir H Djuada atas, Jalan Kiaracondong, Jalan Sabang-Cakranagara. Menurut Arif, rata-rata banjir memiliki ketinggian sekitar 30 cm. Tak jarang banyak kendaraan roda dua yang mogok di tengah-tengah banjir karena memaksakan jalan.

"Ini banjir 'Cileuncang'. Air tidak tertampung dalam saluran. Tetapi saat ini air sudah surut," kata dia.

Untuk penanganan lanjut Arif pihaknya menyiagakan personel di lokasi banjir. Beruntung banjir saat ini telah surut.

"Setiap UPTD kewilayahan sudah bersiaga di lokasi saat banjir," ungkapnya.

Tak hanya banjir, sebuah pohon yang berada di Jalan Harendong No.285 Rt.05 Rw.01 Kelurahan Cibeunying Kaler, Kecamatan Cigadung tumbang. Pohon yang belum diketahui jenis tersebut tumbang melintang di jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana sudah berada di lokasi untuk melakukan penanganan.

(ES/DR)
  1. Banjir
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA