1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

H-7 Lebaran, jumlah penumpang di Terminal Cicaheum mulai meningkat

Kemarin tercatat ada 2.945 penumpang yang berangkat dengan jumlah armada 191 bus. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan tahun 2017 lalu.

Terminal Cicaheum, Kota Bandung. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Sabtu, 09 Juni 2018 14:41

Merdeka.com, Bandung - Arus mudik lebaran di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, mulai terasa. Jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Cicaheum sudah mulai meningkat.

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengatakan pada H-7 atau Jumat (8/6) kemarin tercatat ada 2.945 penumpang yang berangkat dengan jumlah armada 191 bus. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan tahun 2017 lalu.

"H-7 kemarin ada peningkatan penumpang sebesar 57 persen dari tahun 2017. Tahun lalu sama H-7 jumlah penumpang yang berangkat berjumlah 1.869 dengan jumlah bus 177," ujar Roni kepada Merdeka Bandung, Sabtu (9/6).

Menurut Roni, jumlah penumpang mulai mengalami kenaikan seiring dengan aktivitas para pekerja kantoran dan PNS yang sudah memasuki masa libur. Para penumpang memutuskan untuk mudik lebih awal. "Iya penyebabnya mungkin sudah ada yg memasuki masa libur," katanya.

Roni mengungkapkan, penumpang yang berangkat dari Terminal Cicaheum sebagian besar dengan tujuan ke daerah Priangan Timur serta beberapa wilayah di Jawa Tengah.

"Kalau AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) paling banyak ke Pangandaran dan Tasikmalaya. Kalau AKAP (Antar Kota Antar Provinsi paling banyak ke Wonosobo, Malang, Surabaya dan Wonogiri," ucapnya.

Untuk puncak mudik di Terminal Cicaheum, Roni memprediksi terjadi pada H-3 hingga H-2 lebaran. Hal ini berkaca dari pengalaman pada tahun lalu.

Puncak di Terminal Cicaheum dari hasil evaluasi diprediksi terjadi pada pada H-3 dan H-2, tapi tidak menutup kemungkinan pada tanggal 9 (Juni) dan 10 (Juni) juga ada lonjakan karena tahun ini libur panjang," katanya.

Roni mengatakan, pada musim arus mudik lebaran tahun ini, Terminal Cicaheum menyiapkan 191 bus yang terdiri atas 108 bus AKAP, 83 bus AKDP. Pihaknya juga menyiapkan sebanyak 30 bus bantuan jika sewaktu-waktu terjadi penumpukan penumpang.

Roni meyakini, jumlah bus yang disiapkan cukup untuk memenuhi kebutuhan mudik lebaran tahun ini. Terlebih, terminal Cicaheum mengalami tren penurunan jumlah penumpang.

Berdasarkan data, pada tahun 2017 dari H-7 hingga H+7, Terminal Cicaheum memberangkatkan sekitar 40.500 orang. Jumlah tersebut menurun sekitar 18 persen dibanding tahun 2016 yang mencapai 53.000 pemudik.

"Tahun ini, mungkin akan terjadi penurunan sebanyak 5 persen dibanding tahun lalu. Banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satunya, para pemudik beralih ke kendaraan pribadi dan moda transportasi lain dengan kereta api," katanya.

(MT/DR)
  1. Lebaran 2018
  2. Mudik 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA