1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Gabung NasDem, PKB incar posisi wakilnya Emil di Pilgub

"Kalau PPP punya 9 kursi dan kami 7 kursi, namun perolehan suara kami lebih besar," kata Huda.

Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda. ©2016 Merdeka.com Reporter : Andrian Salam Wiyono | Minggu, 13 Agustus 2017 10:30

Merdeka.com, Bandung - Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda menilai, dukungan untuk Ridwan Kamil (Emil) di Pilgub Jabar cukup realistis. Sebab PKB sendiri mengincar posisi bakal calon wakil gubernur Jabar. Secara hitung-hitungan PKB cukup dominan dibandingkan partai pengusung Emil, yakni NasDem‎.

PKB memiliki tujuh kursi di dewan. Sedangkan NasDem hanya memiliki lima kursi.

"Kalau PPP punya 9 kursi dan kami 7 kursi, namun perolehan suara kami lebih besar, berbeda sekitar 14.570 suara. Secara penghargaan politik, wajar kalau PKB minta wakil," katanya saat ditemui di Sekretariat Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jabar, Jalan Terusan Galunggung, Kota Bandung, Sabtu (12/8).

Syaiful menjelaskan, mendukung Ridwan Kamil cukup realistis sebab poros Golkar dan PDIP sendiri cukup dominan dalam hitung-hitungan jumlah kursi. Dimana Golkar ada 17 kursi dan PDIP 20 kursi. Golkar yang sudah memiliki calon gubernurnya Dedi Mulyadi, dirasa akan sulit jika PKB ingin mengincar itu.

Huda menjelaskan, ada beberapa figur yang memang disiapkan untuk Pilgub Jabar tersebut. Diantaranya Haji Cucun (anggota DPR), Dedi Wahidin (mantan Ketua PKB Jabar), dan Bu Eli Nur Muhamad (mantan anggota DPD).

"Kalau saya sih di belakang saja. Kalau mereka kepake, saya di bawah saja, pikir-pikir dulu lah," ungkapnya.

Menurut Huda, partainya memiliki mekanisme internal dalam menentukan sosok calon gubernur/calon wakil gubernur. Mekanisme yang dimaksud, penentuan akan didasarkan pada hasil musyawarah di internal partai.
"Kami ada yang namanya Musyawarah Kebangkitan, kami menunggu siapa sosok-sosok yang diajukan DPC-DPC se-Jabar dan dari situ nanti akan kita formalkan," terangnya.

Disinggung wacana koalisi yang tengah dibangun NasDem, PPP, dan Hanura, Huda menegaskan, hal itu baru dalam tahap penjajakan dan partainya belum menyatakan sikap terkait wacana tersebut.

"Saya juga belum bertemu Kang Saan (Saan Mustopa, Ketua DPW NasDem Jabar), bertemu Bu Ade (Ade Munawaroh, Ketua DPW PPP Jabar). Jadi kita belum ambil sikap," ujarnya.

(MT/ASW)
  1. Pilgub Jabar
  2. Pilkada Serentak
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA