1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Emil pesan insan pers harus betul-betul bekerja keras di era digital

Tantangan media massa saat ini adalah menjadi sumber referensi yang terpercaya bagi masyarakat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Jum'at, 09 Februari 2018 11:06

Merdeka.com, Bandung - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 jatuh pada Jumat, 9 Februari ini. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, bahwa insan pers harus betul-betul bekerja keras di era digital seperti sekarang. Sebab siapapun bisa menyampaikan informasi walaupun bukan bekerja sebagai wartawan.

"Pers itu harus betul-betul kerja keras, kenapa? karena pembuat berita tidak hanya pers yang bersifat perusahaan. Semua orang bisa menjadi citizen journalist, semua bisa memposting. Medianya banyak murah meriah gratis," ujar pria yang akrab disapa Emil ini.

Menurut dia, tantangan media massa ini adalah menjadi sumber referensi yang terpercaya bagi masyarakat. Hal ini mengingat maraknya berita palsu atau hoaks yang saat ini bertebaran di dunia maya.

"Jadi kalau kita tidak bisa menjadi sumber referensi utama kita akan kalah oleh cara-cara masyakarakt mencari informasi. Maka problem hari ini bukan mencari informasi tetapi memilah. Kalau memilah kan berarti informasinya banyak. Yang dia pilih yang kredibel, terpercaya dan cepat," kata dia.

Emil menyebut bahwa faktor kecepatan menjadi hal yang penting. Sebab masyarakat saat ini banyak mengakses informasi lewat digital.

"Sehingga kecepatan dalam memberitakan dalam sebuah pemberitaan harus menjadi tantangan di perusahaan pers nasional. Tetapi tetap tiga yang penting yakni mendidik menginformasikan dan menghibur. Begitu harus seimbang," katanya.


(ES/DR)
  1. Ridwan Kamil
  2. Hari Pers
  3. Informasi Hoax
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA