1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

DPRD Kota Bandung Minta Posisi Sekda Definitif Segera Terisi

"Pada dasarnya kami ingin agar secepatnya posisi Sekda segera terisi. Apalagi saat ini plh atau pun pj itu orangnya berganti ganti terus".

Anggota DPRD Kota Bandung, Folmer Silalahi. ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Selasa, 13 November 2018 11:01

Merdeka.com, Bandung - DPRD Kota Bandung meminta Pemkot Bandung untuk posisi sekretaris daerah (Sekda) definitif segera terisi. Sebab akan terdampak kepada sejumlah hal terutama saat rapat pembahasan bersama DPRD.

Anggota DPRD Kota Bandung, Folmer Silalahi mengatakan, saat ini jabatan Sekda masih diisi oleh pelaksana harian (Plh) ataupun pelaksana jabatan (pj) seperti sebelumnya. Berdasarkan catatan Folmer, orang yang mengisi jabatan tersebut telah berganti sebanyak 3 kali.

"Pada dasarnya kami ingin agar secepatnya (posisi Sekda definitif) ingin segera terisi. Apalagi saat ini plh atau pun pj itu orangnya berganti ganti terus. Ini tentu ada pengaruh terhadap pembahasan di DPRD,"ujar Folmer kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Gedung DPRD, Jalan Sukabumi, Selasa (13/11).

Folmer mengungkapkan, jika pemilihan Sekda definitif tidak melibatkan dewan. Sebab hal tersebut menjadi hak prerogratif wali kota untuk menetapkan. Terkait polemik pemilihan Sekda, dia pun tidak ingin mencampuri hal tersebut karena hal tersebut merupakan urusan internal.

"Itu kan persoalan internal di tingkat eksekutif. Nah kalaupun ada persoalan di internal mereka kami memberi imbauan dan saran bahwa sebaiknya segera definitifnya dipilih," kata dia.

Folmer menyebut bahwa posisi sekda merupakan posisi yang sangat strategis. Selain merupakan posisi puncak untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan, sekda juga merupakan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Di Kota Bandung itu sekda membawahi 11 bagian, mulai dari urusan ekonomi, kerjasama, dan lain lain. Nah manakala sekda definitif ini belum ada, bagaimana dia menggerakan organisasi di bawahnya. Itu yang jadi penting," ucapnya.

Folmer menyebut jika definitif sudah terpilih, dewan siap bekerjasama dengan sekda terpilih, siapapun orangnya. Menurutnya relasi kerjasama dewan merupakan kerjasama antar lembaga bukan dengan personal.

"Pada prinspinya dprd siap bekerjasama siapapun yang dipilih dengan sekda, karena kami bekerja dengan lembaga bukan personal. Jadi kita tidak terlalu mempersoalkan, yang jelas ketika sekda itu dipilih dan ditetapkan definitif kami harapkan sudah bisa beradaptasi dengan persoalan kota Bandung," katanya.

(ES/DR)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA