1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Dinas Pendidikan akan gelar gebyar bulan pendidikan akhir pekan ini, datang yuk!

"Insy Allah pada kegiatan Sabtu besok akan menghadirkan berbagai inovasi dari Disdik dan juga seluruh jajaran," kata Mia.

Sekretaris Dinas Pendidikan Mia Rumiasari (Sebelah Kiri). ©2018 Merdeka.com Reporter : Dian Rosadi | Kamis, 10 Mei 2018 11:43

Merdeka.com, Bandung - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung akan menggelar parade bertajuk Actducation 2018 dalam rangka gebyar bulan pendidikan di Mei ini. Kegiatan ini akan dipusatkan di Balai Kota Bandung pada Sabtu 12 Mei 2018.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung Mia Rumiasari mengatakan, gelaran Actducation ini merupakan tahun kedua yang diselenggarakan Disdik. Menurut Mia, akan banyak kegiatan yang digelar dalam acara Actducation 2018 ini, mulai dari pameran pendidikan, seminar, parade kreasi siswa hingga peluncuran program dan buku.

"Insya Allah pada kegiatan Sabtu besok akan menghadirkan berbagai inovasi dari Disdik dan juga seluruh jajaran yang peduli terhadap pendidikan di Kota Bandung," ujar Mia kepada wartawan di kantor Disdik, Jalam Ahmad Yani, Rabu (9/5).

Menurut Mia, dalam acara pameran pendidikan, pihaknya tak hanya memunculkan dari sisi layanan pendidikan formal saja, tetapi juga layanan pendidikan non formal serta layanan pendidikan di sekolah swasta akan turut dihadirkan dalam acara ini.

"Melalui kegiatan yang kita selenggarakan ini diharapkan dapat mensosialisasikan dan menginformasikan bahwa pendidikan di Bandung ini tak hanya didukung dan diselenggarakan pemerintah tapi ada peran serta dan dukungan seluruh komponen masyarakat," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Actducation 2018 Cucu Saputra menjelaskan bahwa dalam acara ini akan mengusung tema 'Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan untuk Pendidikan Bermutu Berkeadilan dan Berwawasan Lingkungan'.

Menurut dia, tak hanya aspek pendidikan yang ditampilkan, tetapi juga aspek kebudayaan. Melalui acara ini, pihaknya ingin menguatkan aspek kebudayaan yang selaras dengan tema besar Hardiknas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ini.

Salah satu acara yang akan digelar yakni parade yang akan diikuti oleh ratusan siswa di Kota Bandung. Pesertanya kata Cucu merupakan siswa TK, SD dan SMP se-Kota Bandung

"Jadi nanti akan ada arak-arakan parade dari tiap sekolah seperti merching band, sisingaan, fashion show. Nanti arak-arakan akan berkeliling Balai Kota Bandung sampai ke panggung utama. Pesertanya ada juga dari komunitas. Kami ingin menyampaikan pesan ke publik bahwa pendidikan bukan hanya formal saja," ucapnya.

Lebih lanjut Cucu mengatakan, dalam acara itu juga akan ada peluncuran program dari Disdik. Salah satu program yang akan diluncurkan yakni program Samawa (Sakola Mitra Warga). Menurutnya program Samawa ini merupakan program pendidikan terintegrasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Bandung baik pendidikan formal maupun informal.

Selain itu juga akan ada peluncuran honorarium tambahan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non ASN. Nantinya akan ada penyerahan secara simbolis honoraroum tambahan triwulan satu bagi PTK non ASN. Tak hanya itu, akam ada peluncuran buku pantun NKRI yang ditulis oleh 100 lebih guru se-Indonesia ternasuk guru di Kota Bandung.

"Kita juga menyiapkan booth khusus PPDB. Jadi bagi masyarakat khususnya orang tua yang membutuhkan informasi tentang PPDB tahun ini bisa datang ke booth yang telah disediakan. Acara akan berlangsung dari pukul 07.30 sampai 16.00 WIB," ujarnya.

(MT/DR)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA