1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Bisnis kue artis di Bandung laris jelang lebaran

"Baru minggu ketiga ini penjualan meningkat lagi soalnya memang pada minggu pertama dan kedua Ramadan terjadi penurunan penjualan".

©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 13 Juni 2018 17:38

Merdeka.com, Bandung - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, beberapa pusat oleh-oleh di Kota Kembang diserbu. Hal tersebut rupanya juga terjadi pada beberapa bisnis kue kekinian milik selebritis Tanah Air. Soalnya, Bandung dikenal menjadi lahan menggiurkan bagi beberapa selebritis untuk berbisnis kue.

Seperti yang terjadi di Princess Cake. Toko kue milik penyanyi fenomenal Syahrini itu tampak selalu ramai. Meski penjualan kue sempat terasa lesu pada minggu pertama dan kedua puasa, peningkatan penjualan kembali terjadi pada minggu ketiga Ramadan. Apalagi jelang lebaran, penjualan kue terus meningkat.

"Baru minggu ketiga ini penjualan meningkat lagi soalnya memang pada minggu pertama dan kedua Ramadan terjadi penurunan penjualan. Ya kita sih wajar soalnya mungkin orang lagi mager (males gerak) gitu dirumah atau mikirnya jalan di Cihampelas ini macet," ujar Head sales marketing Princess cake, Rizky Aditya Mulyadi kepada Merdeka Bandung, Rabu (13/6).

Ia menjelaskan, ada beberapa hal yang dilakukan oleh Princess Cake guna meningkatkan penjualan. Khususnya selama Ramadan, toko kue di Jalan Cihampelas ini memberlakukan promo bagi 20 orang yang ingin membeli kue dua box hanya Rp 1.500.

"Kami punya program khusus, buat yang bisa ngaji satu juz saja di sini kami beri diskon kue sebanyak 99 persen. Jadi pengunjung yang sudah ngaji itu hanya cukup membayar Rp 1.500 untuk dua box. Waktunya mulai jam setengah empat sampai setengah lima, ya anggap saja ngabuburit di sini,” papar dia.

Tidak hanya Princess Cake saja yang diburu pembeli. Hal serupa juga terjadi pada Madinah Cake milik Angel Lelga, serta Pevo Cake milik artis cantik Pevita Pearce. Meski peningkatan penjualan tak terlalu signifikan, setidaknya produk mereka tetap digemari.

"Penjualannya stabil sih, ya lebaran sama saja ya. Aman aja sih kalau Pevo," tutur Pevita saat ditemui dalam acara Meet and Greet film ‘Buffalo Boys’ di PVJ Mal belum lama ini.

Hal senada juga terjadi di Madinah Cake. Menurut, Marketing Communication Madinah Cake, Risa Surya Hidayat, penjualan kue menjelang lebaran terhitung stabil. Hadirnya beberapa produk UMKM asli Kota Kembang rupanya cukup mendongkrak penjualan kue milik istri Vicky Prasetyo tersebut.

"Jadi konsepnya memang memberi kesempatan sama UMKM yang belum punya modal bikin tempat usaha, kita fasilitasi di sini. Sudah sejak tiga bulan lalu dan ternyata pengaruh ke penjualan Madinah Cake nya juga lumayan karena otomatis membantu banget," tutur perempuan yang akrab disapa Icha itu.

Kata dia, penjualan kue Madinah justru meningkat saat Ramadhan awal, pada pekan terakhir seperti ini penjualannya memang tak meningkat pesat. Kebiasaan orang Indonesia yang membeli kue kering saat jelang lebaran menjadi salah satu faktor penjualan kue bolu kekinian ini tak terlalu signifikan peningkatannya.

(ES/AA)
  1. Kuliner
  2. Ramadan 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA