1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Bio Farma beri bantuan bagi kaum difabel untuk mandiri finansial

"Komunitas tersebut akan di bekali dengan pelatihan sebanyak 12 kali selama satu bulan, bekerja sama dengan LPK".

©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Kamis, 31 Mei 2018 17:29

Merdeka.com, Bandung - Pada momen Ramadan, Bio Farma berupaya untuk memberikan bantuan bagi komunitas keterbatasan khusus atau difabel. Bantuan tersebut sebagai upaya agar kaum difabel bisa mandiri secara finansial.

Salah satu upaya Bio Farma dalam memberikan bantuan lingkungan dan sosial untuk sejahterakan masyarakat adalah memberikan pelatihan menjahit, perlengkapan dan permodalan difabel.

Program ini ditujukan guna meningkatkan perekonomian pra sejahtera, sejalan dengan program Kementerian BUMN yaitu membina ekonomi keluarga prasejahtera khususnya di Jawa Barat.

Direktur SDM dan Umum Bio Farma, Disril Revolin Putra mengatakan, mitra binaan komunitas keterbatasan khusus berasal dari seluruh Kecamatan Sukajadi sebanyak 10 orang dan lima orang dari komunitas prasejahtera sebagai pendamping.

"Komunitas tersebut akan di bekali dengan pelatihan sebanyak 12 kali selama satu bulan, bekerja sama dengan lembaga pendidikan (LPK) yang sudah terakreditasi, setelah program pelatihan selesai peserta pun akan diakreditasi oleh LPK tingkat Provinsi Jawa Barat," ujar Disril saat ditemui Merdeka Bandung, Kamis (31/5).

ia menjelaskan, apabila binaan Bio Farma sudah terakreditasi, mereka dapat memasok pakaian seragam kerja, seragam laboratorium di area publik dengan ketentuan khusus tentunya, serta kebutuhan seragam lainnya di Bio Farma.

"Dengan begitu, binaan dapat diberdayakan dan adanya rantai pasok atau supply chain untuk perusahaan secara berkelanjutan. Selain itu, komunitas juga dibekali keahlian tambahan bidang kerajinan seni rumah tangga atau art handycraft seperti taplak meja, keset, dan lainnya sehingga memiliki nilai pakai dan nilai estetis," jelasnya.

Bukan hanya itu, Bio Farma juga akan memberikan bantuan peralatan mesin jahit, mesin obras, mesin untuk membuat kaos, sekaligus bahan-bahan perlengkapan untuk menjahit," jelasnya.

Diharapkan dengan bantuan yang diberikan oleh Bio Farma, komunitas berkebutuhan khusus lebih mandiri dan lebih sejahtera. Program CSR Bio Farma tahun 2018 yang berkelanjutan tersebut dengan mengidentifikasi adanya kelompok rentan di tengah masyarakat di wilayah ring satu perusahaan, inisiasi ini diharapkan dapat meningkatkan penguatan dan kemapanan ekonomi, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi melalui BUMN Hadir untuk negeri.

 

(ES/AA)
  1. Bisnis
  2. Bulan Ramadhan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA