1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Bandung butuh LRT Metro Kapsul, Presiden Jokowi sedang siapkan Perpres

"Proses perencanaan penyiapan kota-kota sepadat Bandung, Surabaya, Jakarta, Palembang, Medan dan Makasar yang sudah padat," kata Jokowi.

Presiden Jokowi. ©2017 Merdeka.com Reporter : Andrian Salam Wiyono | Rabu, 12 April 2017 17:31

Merdeka.com, Bandung - Transpotasi massal berupa Light Rail Transit (LRT) Metro Kapsul tengah disiapkan Pemkot Bandung. Perpres-pun saat ini tengah dipersiapkan untuk merealisasikan transportasi massal modern hadir di Kote Kembang.

"Iya sedang disiapkan (Perpres). Proses perencanaan penyiapan kota-kota sepadat Bandung, Surabaya, Jakarta, Palembang, Medan dan Makasar yang sudah padat," kata Presiden Joko Widodo usai mengunjungi Teras Cihampelas, Kota Bandung, Rabu (12/4).

Menurut dia, kota-kota besar tersebut sudah menjadi syarat mutlak menghadirkan transportasi massal yang representatif bagi daerahnya. Hal itu untuk mengantisipasi kemacetan.

"Jadi tidak bisa tidak yang namanya transportasi massal itu harus disiapkan," imbuhnya.

Beberapa daerah di Indonesia sendiri saat ini sudah mulai mempersiapkan transportasi yang mengadopsi di beberapa negara besar di dunia. Jakarta dengan MRT-nya dan Bandung dengan LRT-nya.

"Jadi entah MRT, LRT, trem, Metro Kapsul, karena memang ini yang akan menyelesaikan kemacetan," tandasnya.

Pembangunan LRT Metro Kapsul di Bandung nantinya akan dibagi dua tahap. Tahap pertama akan dibangun jalur dari Stasiun Bandung hingga Jalan Dalem Kaum (Alun-Alun Bandung) sepanjang tiga kilometer.

Sementara tahap kedua, pembangunan akan diteruskan hingga ke Tegalega dan kembali ke Stasiun Bandung sepanjang tiga kilometer. Prototipe LRT Metro Kapsul di Bandung sendiri saat ini sudah mejeng di Alun-Alun Bandung.

(MT/ASW)
  1. Info Kota
  2. LRT Bandung
  3. Safari Presiden
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA