1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Aher senang dengan tambah cuti lebaran sebab bisa kurangi kemacetan

"Saya kira lebih baik ya. Dalam konteks menata mudik," kata Aher.

Ilustrasi kemacetan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Andrian Salam Wiyono | Jum'at, 16 Juni 2017 17:13

Merdeka.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyambut baik dengan adanya penambahan cuti bersama Lebaran 2017. Menurut dia libur lebaran tahun ini, manajemen waktu akan lebih banyak dipilih bagi pemudik.

Penambahan waktu cuti lebaran juga pasti akan berdampak pada berkurangnya jumlah kendaraan di hari yang berdempetan ke hari H.

"Saya kira lebih baik ya. Dalam konteks menata mudik," kata pria yang akrab disapa Aher, saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (16/6).

‎Dia mengatakan, jika tidak ada penambahan para pemudik akan menumpuk pada 24 Juni sebelum hari H Lebaran. Dampaknya pasti akan terjadi kemacetan di jalur-jalur mudik.

"Kebayang macetnya seperti apa? Diberi jeda dua hari, lebih bagus. Malah saya inginnya 3-4 hari. Pilihan (waktu) mudik jadi lebih banyak," terangnya.

Apalagi Jawa Barat sebagai kawasan perlintasan mudik, pasti terjadi kepadatan saat musim mudik Lebaran berlangsung. "Ini kebijakan tepat, keputusan yang bijak. Apalagi Jabar jadi provinsi paling padat mudik. Jadi wajar kalau saya paling menyambut," katanya.

Penambahan cuti bersama tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 18/2017 tentang Cuti Bersama 2017. Tertera dalam Kepres yang ditandatangani Joko Widodo pada 15 Juni, pemerintah menetapkan cuti bersama dimulai tanggal 23,27,28,29 dan 30 Juni atau Jumat, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat sebagai cuti bersama Idul Fitri 1438 Hijriah. Penambahan cuti bersama ini juga tidak mengurangi jatah cuti tahunan PNS sebanyak 12 hari.

(MT/ASW)
  1. Mudik 2017
  2. Lebaran 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA