1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

Agustusan Pemkot Bandung siapkan rangkaian acara menarik

"Dimulai dari tanggal 20 Agustus ini akan ada Event Sport Tourism Five-K run mengelilingi beberapa titik pusat kota," kata Kenny.

Lomba agustusan. ©2016 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 11 Agustus 2017 15:01

Merdeka.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar berbagai acara untuk menyambut Peringatan HUT RI yang Ke-72 pada tanggal 17 Agustus mendatang. Berbagai acara akan digelar, mulai dari karnaval hingga event sport tourism.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari mengatakan, berbagai kegiatan akan digelar sepanjang rentang Bulan Agustus hingga November tahun 2017. Acara ini juga akan digelar sekaligus untuk menyambut Hari Jadi Kota Bandung ke-207 yang akan di peringati pada tanggal 25 September mendatang.

"Dimulai dari tanggal 20 Agustus ini akan ada Event Sport Tourism Five-K run mengelilingi beberapa titik pusat kota yang menjadi landmark di Kota Bandung, yaitu, Start dari Gedung Merdeka lanjut ke Gedung Indonesia Menggugat lalu ke Jalan Riau BIP, serta Cathedral dan balik ke Start di Gedung Merdeka, " ujar Kenny.

Untuk event Five - K run ini kata dia sudah dibuka pendaftarannya dan nantinya event ini akan berlanjut pula dengan beberapa Event lain yang digelar di Sekitaran Braga dan Asia Afrika.

"Tujuannya memang untuk promosi Bangunan Cagar Budaya di Kota Bandung dan sudah ada 2.000 orang terdaftar, untuk acara Run ini kita gelar dari jam 7 sampai jam 10 pagi dan nanti jam 10 sampai jam 15 disambung event gelar seni di Braga pendek," katanya.

Sementara itu dihari yang sama Kenny juga mengatakan, pagi harinya di Plaza Balai Kota juga digelar teatrikal dari Legiun Veteran RI mengetengahkan Reka ulang atau Reenactment Kejadian Pertempuran para Pejuang dalam melawan Penjajah Belanda.

"Pagi itu juga ada perayaan Legiun Veteran RI teatrikal reenacment perang kemerdekaan dan nanti malam ada culinary night di braga panjang sekalian Inisialisasi lagi agar jadi tradisi siapapun Walikota nya nanti," ucapnya.

Lebih lanjut Kenny mengatakan juga pada hari yang sama akan ada peresmian kawasan destinasi baru di cibadak dan kelenteng di wilayah Kecamatan astana anyar dan andir.

" Harapannya nanti dua lokasi ini akan jadi kawasan wisata baru yang dikenal bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara," ungkap Kenny.

Lebih lanjut Kenny mengatakan, pada tanggal 26 Agustus 2017 Kota Bandung juga berencana akan mengadakan Karnaval Kemerdekaan yang berkolaborasi dengan kementrian Pariwisata dan badan ekonomk kreatif.

" Helaran teatrikal pada karnaval ini masih dibahas dengan kemenrtan dan bekraf dan ada rencana juga RI 1 (Presiden RI) akan ke Bandung," katanya.

Untuk gelaran akbar Seni Budaya Kenny menginformasikan pada tanggal 29 Agustus 2017 akan diadakan Tahun Baru Sunda atau Tabaru Sunda di sekitar Jalan Asia Afrika. Dalam gelaran ini akan diisi oleh ritual dan kesenian buhun sunda serta lomba film Dokumenter.

"Kita kenalkan lagi pada warga agar mengenal leluhur dan ssmoga ada banyak partisipasi pihak ke 3 karena non APBD, sementara untuk tanggal 31 Agustus akan ada award untuk film dokumenter di Hotel Homann," katanha

Untuk peringatan tutup tahun lanjut Kenny, akan ada lagi Bandung Great Sale berkolaborasi dengan semua stake holder pada 9 September sampai 8 Oktober 2017.

"Akan ada 10 mall besar ikut memeriahkan dan beberapa mart di beberapa wilayah serta juga kita ajak pihak airlines dan PT KAI untuk memberikan discount bagi Wisatawan yanv bepergian dari dan ke Bandung," ucapnya.

Rangkaian tersebut ujar Kenny akan disambung pada tanggal 25 September Sampai 25 Oktober 2017 dengan judul Bandung #1 (Bandung nomor 1) yang akan dimeriahkan 181 seniman di Seluruh Kota Bandung dan disambung pada Tanggal 29 Oktober oleh Bandung Light Festival.

" Akan digelar pertunjukkan dari seni rupa, musik, tari dan sastra dengan harapan wisatawan luar kota dan manca negara akan bisa menyaksikan sekaligus menutup HUT Kota Bandung," pungkasnya.

(FF/AA)
  1. Info Kota
  2. Hari Kemerdekaan Indonesia
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA