1. BANDUNG
  2. HALO BANDUNG

7 tempat berbuka puasa ala Sunda di Bandung

Harga makanan di sini cukup ramah di kantong, berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 75 ribu.

©2018 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Jum'at, 08 Juni 2018 13:37

Merdeka.com, Bandung - Bagi orang Sunda, berbuka puasa dengan menu khas dari Tanah Parahyangan kerap dirasa begitu nikmat dibandingkan dengan makanan ala Barat ataupun lainnya. Citarasa sambal yang pedas mampu menggugah selera makan.

Nah, bagi Anda yang ingin menyantap menu-menu ala Sunda dengan citarasa otentik, Kota Kembang memiliki begitu banyak rumah makan yang menyuguhkan sederet menu khas Sunda dan tentunya dengan sambal sebagai andalannya.

Setidaknya ada tujuh tempat makan untuk berbuka puasa yang bisa dijajal saat ada di Bandung. Penasaran? Berikut ulasannya.

Warung Nasi Ampera

Sebagai salah satu tempat makan yang memiliki banyak cabang di Bandung, Warung Nasi Ampera begitu tersohor. Menyuguhkan menu makanan khas Sunda seperti aneka pepes, babat, ayam goreng, serta gurame bakar, tempat ini rupanya tak pernah sepi pengunjung. Khususnya saat Ramadan, datanglah di waktu awal-awal sebelum berbuka agar mendapatkan tempat untuk menyantap makanan. Beberapa alamat Warung Nasi Ampera yakni Jalan PHH Mustopa, Jalan Trunojoyo, Jalan Soekarno Hatta, Kebon Kalapa, serta Jalan AH Nasution.

Rumah Makan Asli Laksana

Untuk mencari tempat makan khas Sunda yang tempatnya leluasa dan pilihan makanan super banyak, datanglah ke Rumah Makan Asli Laksana. Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Nomor 395, tempat makan ini selalu ramai. Pilihanan makanan yang super komplit, sambal yang dijamin bakalan ketagihan, serta harga ramah dikantong membuat Rumah Makan Asli Laksana tak boleh sampai terlewatkan.

Alas Daun

Tepat di depan Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai) ada sebuah tempat makan bernama Alas Daun yang menawarkan sensasi makan berbeda. Tanpa menggunakan piring, Anda bisa menikmati berbagai hidangan ditempat makan ini disebuah alas daun. Yaps, seperti nama tempatnya. Makan di atas alas daun pisang dengan menu-menu khas Sunda, nuansa serada berada di kampung terasa begitu kental.

Warung Nasi Bancakan

Makan makanan Sunda dengan porsi banyak dan harga murah? Datang ke Warung Nasi Bancakan. Tempat yang satu ini menjadi favorit khususnya saat berbuka puasa karena sederet menu yang ditawarkan. Selama Ramadan, tempat ini selalu menjadikan area parkir pada bagian depan sebagai tempat makan lesehan dengan tenda besar yang menutupi. Hal tersebut dilakukan saking penuhnya tempat ini setiap harinya.

Kawasan Punclut

Nah, Kawasan Punclut ini dikenal terdapat begitu banyak saung makan yang menawarkan menu khas Sunda seperti ayam goreng, sambal, aneka jeroan. Yang menjadi Kawasan Punclut ini terkenal karena suguhan nasi merah serta nasi hitam yang wajib untuk dijajal kala bertandang ke tempat ini. Saat berbuka puasa, pastikan Anda sudah datang sejak sore. Soalnya, Kawasa Punclut selalu ramai dikunjungi khususnya oleh kalangan kawula muda.

Warung Nasi Bu Imas

Mencari makanan khas Sunda dengan suguhan sambal yang nendang dilidah? Datanglah ke Warung Nasi Bu Imas. Tempat ini dikenal memiliki sambal merah yang juara pedasnya. Dijamin bakal nafsu makan meningkat.

Kampung Sawarga

Terletak di kawasan Bandung Timur, Kampung Sawarga menawarkan hidangan Sunda dengan pemandangan alam yang indah, seperti hamparan sawah nan hijau. Berbagai menu seperti gurame terbang, nasi timbel komplit, nasi liwet kastrol wajib dicoba kala melancong ke tempat ini.

"Selain makan, di sini juga bisa sambil mengajak anak berenang soalnya ada fasilitas kolam renang. Ada dua kolam dalam lengkap dengan tiga buah seluncuran dengan tingkat ketinggian yang berbeda-beda dan satu kolam untuk anak, lengkap dengan ember tumpahnya," ujar Pemilik Kampung Sawarga, Ratih Astriyani kepada Merdeka Bandung, Jumat (8/6).

Bicara soal harga, Ratih mengaku tidak perlu khawatir. Soalnya, harga makanan di sini cukup ramah di kantong, berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 75 ribu. Beberapa menu bahkan bisa dimakan sharing dengan teman atau keluarga lain. Sedangkan untuk tiket kolam renangnya adalah Rp 20 ribu untuk hari biasa dan Rp 30 ribu kala akhir pekan.

(ES/AA)
  1. Kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA