1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

Yoga khusus anak-anak baik untuk pembentukan tubuh

"Selain pembentukan tubuh yang baik, gerakan tubuh anak juga akan lebih harmonis. Tidak akan seenaknya," ujar Ratna

Teknik yoga khusus anak-anak. ©2016 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Selasa, 19 Juli 2016 11:10

Merdeka.com, Bandung - Olahraga yoga, tak hanya berlaku untuk orang dewasa. Teknik yoga yang dikembangkan oleh Maharsi Patanjali ini rupanya juga bisa dilakukan untuk anak-anak. Bahkan manfaat yang akan dirasakan oleh anak-anak pelaku yoga begitu banyak.

Pemilik Aage Yoga, Ratna Kusumadewi menjelaskan, yoga yang dilakukan oleh anak-anak akan membantu mereka untuk melakukan pembentukan tubuh dengan baik. Anak-anak yang rutin melakukan yoga akan memiliki gerakan tubuh yang terkontrol.

"Selain pembentukan tubuh yang baik, gerakan tubuh anak juga akan lebih harmonis. Tidak akan seenaknya," ujar Ratna kepada Merdeka Bandung saat ditemui di Aage Yoga, Jalan Terusan Perintis, Sarijadi, Selasa (19/7).

Anak-anak yang aktif kerap melakukan banyak gerakan yang tak sesuai hingga membuat mereka kerap merasa pegal atau sakit badan. Untuk itu, yoga yang rutin mampu membuat anak membuat gerakan tubuh benar sehingga akan terasa nyaman.

Yoga khusus anak-anak, kata Ratna, berbeda dengan yoga untuk orang dewasa. Treatment yang diberikan oleh instruktur yoga akan lebih istimewa. Terlebih, anak-anak yang dengan mudah bosan melakukan sebuah aktivitas harus menjadi perhatian instruktur.

Yoga bagi anak-anak bagus bagi perkembangan tubuh mereka
© 2016 merdeka.com/Astri Agustina

"Kalau nge-lead anak kecil itu harus telaten karena mereka kan uncontrol. Instruktur harus pintar mengatus emosional anak-anak dan bagaimana caranya membuat mereka betah mengikuti kelas yoga hingga tuntas," jelasnya.

Kelas yoga untuk anak-anak memiliki suasana layaknya taman bermain. Di mana orangtua tetap hadir di dalam kelas mendampingi anak mereka. Kehadiran orangtua diyakini mampu membuat anak lebih nyaman dan tenang.

Terlebih, yoga ini juga tak hanya dilakukan oleh anak-anak. Ada peran serta orangtua pada beberapa gerakan. Intinya, yoga untuk anak-anak ini akan lebih menyenangkan dan sederhana ketimbang yoga orang dewasa.

"Basic gerakannya sama saja dengan yoga pada umumnya, namun dipilih gerakan yang sederhana. Seperti downward dog. Ini merupakan gerakan di mana kaki dan tangan berada di bawah dalam kondisi sejajar hingga membuat tubuh membentuk segitiga," ujar dia.

Aage Yoga memberlakukan yoga khusus anak-anak dari usia tiga hingga enam tahun. Pada usia tersebut, anak akan lebih mudah diatur untuk melakukan berbagai gerakan yoga.

(FF/AA)
  1. Info Kesehatan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA