1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

Sehatkan kulit kepala dengan menggunakan kunyit

Kunyit telah lama digunakan sebagai bahan kecantikan sejak zaman dahulu.

Ilustrasi kunyit. ©2016 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Kamis, 18 Februari 2016 06:01

Merdeka.com, Bandung - Kunyit adalah ramuan terkenal yang memiliki berbagai khasiat karena memiliki sifat antiseptik. Kunyit juga sering digunakan sebagai bumbu masakan terutama dalam masakan Asia Selatan.

Selain sebagai obat-obatan dan bumbu masakan. Kunyit juga bisa digunakan untuk kecantikan seperti mencerahkan warna kulit dan mengatasi masalah rambut.

Apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan rambut. Berikut ulasannya yang diambil dari BoldSky (17/2).

Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang paling umum. Kandungan antibakteri pada kunyit mampu membersihkan kulit kepala. Sehingga mengurangi penumpukan kulit mati penyebab ketombe. Hal ini juga merangsang sirkulasi darah dan mencegah pembentukan sel-sel kulit mati. Untuk menghilangkan ketombe menggunakan kunyit sangat mudah. Campur kunyit yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak zaitun. Kemudian lumuri pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa waktu dan bilas dengan shampo.

Rambut rontok

Kunyit bagus digunakan untuk mencegah rambut rontok. Tanaman ini merangsang pertumbuhan rambut dan bertindak sebagai kondisioner juga. Campur kunyit dengan madu dan susu. Oleskan campuran ini ke kulit kepala. Pijat lebut kulit kepala dan bilas rambut Anda secara menyeluruh agar tak ada sisa kunyit yang menempel.

Pewarna rambut alami

Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna rambut. caranya campurkan parutan kunyit dengan henna. Kemudian oleskan pada helai-helai rambut yang ingin diwarnai. Kunyit tidak berbahaya karena merupakan bahan alami dan bisa menyehatkan kulit kepala.

Mengatasi berbagai masalah kulit kepala

Berbagai kondisi kulit kepala dapat dengan mudah diobati dengan menggunakan kunyit. Kondisi seperti eksim dan infeksi jamur lainnya atau gangguan kulit lainnya seperti peradangan, gatal-gatal dan seperti rambut menipis, dapat disembuhkan dengan menggunakan kunyit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memijat lembut kulit kepala menggunakan kunyit yang sduah dihaluskan. Setelah itu diamkan beberapa waktu dan kemudian bilas hingga bersih.

(FF/FF)
  1. Tips Kecantikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA