Pameran tunggal lukisan abstrak Tri Sapta Anggoro hadir di Bandung

user
Farah Fuadona 11 September 2016, 22:45 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Perupa dari Komunitas Sahabat Rumah Sembilan A Cibubur, Tri Sapta Anggoro menggelar pameran lukisan tunggal. Mengusung tema 'Memoar-o-rama', perupa memilih Thee Huis Gallery, Kota Bandung, sebagai tempat menampilkan karya lukisnya.

Ada sekitar 42 karya tunggal yang akan mejeng dalam pameran yang digelar 10-17 September 2016 ini. Ke-42 lukisan abstrak itu disuguhkan dalam ukuran media kecil dan besar. Adapun kurator dipilih yakni Dida Ibrahim.

"Ini semua adalah catatan kecil dari saya yang saya dapatkan dari laboratorium pribadi saya yakni kebun pribadi saya," kata Tri Sapta Anggoro disela-sela pameran lukisan tunggalnya, Minggu (11/9).

Dia beralasan memilih aliran abstrak dalam pameran lukisan tunggal tersebut. Menurut dia, aliran abstrak membuat dirinya lebih nyaman dan bebas dalam meluapkan pemikiran di atas sebuah kanvas.

"Realitis (aliran) saya juga masih suka tapi kalau bermain di realitis itu dia berusaha meniru persis tapi berbeda sekali ketika kita bermain di abstrak. Jadi ketika saya melukiskan berdasarkan rasa, misalnya sebuah gambar semangka, saya tidak akan menggambarkan buahnya tapi manisnya buah tersebut," ujar Tri Sapto yang pernah menggelar pameran Seni (3) Zaman di Affordable Art Fair, Singapura pada 2011 silam.

Sejak dibukanya pameran lukisan, yang cukup menarik perhatian pengunjung adalah "Garden of Sense" yakni sebuah lukisan tentang refleksi percikan air yang dilukisakan di atas kanvas dengan dominasi warna cokelat dan kuning.

Dida Ibrahim menuturkan dalam kurun waktu terakhir, selain berkarya waktu luang Tri Sapta Anggoro yang digunakan untuk bercocok tanam sederhana di rumahnya. Hubungan antara bercocok tanam dengan karya Sapta tersebut ialah representasi dari kuasirealitas karena pengalaman yang dihadirkan dalam lukisannya tersebut berasal dari hal bersifat kebendaan.

"Realiasi inilah yang dikemas dalam perspektif kurasi pameran 'Memoar-o-rama' yang mencoba untuk membaca kembali penggalan jejak pengalaman atau kisah terbentas luas sebuah panorama memoar," ucapnya.

Sekilas karya-karya yang dihasilkan oleh Sapta seperti telah melalui proses penyaringan optis dan di awal mata pengunjung seperti diajak terlebih dahulu mengenai wujud.

"Kemudian wujud yang berhasil diterjemahkan akan merayu ingatan kita yentang satu atau beberapa hal. Disadari atau tidak karya-karya Sapta telah menggambarkan kisah dirinya dengan alam, menghadirkan ketaksadaran hubungan semua antara pengalaman dengan realitas," katanya.

Kredit

Bagikan