Luncurkan Doodles, Sarah N' Soul buat tiga format rilisan berbeda

user
Farah Fuadona 16 Oktober 2016, 09:48 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Setelah merilis empat single secara berkala yaitu I Dont Wanna Know (2011), Pohon Toge (2012), Aku dan Kamu Ada Apa? (2013) dan Jodohmu di Kunci G (Siapa Tau) (2015), duo crossover asal Bandung, Sarah N’ Soul berencana melepas album penuh perdana mereka pada pertengahan Oktober mendatang.

Album bertajuk Doodles of Sarah N’ Soul tersebut akan disebarluaskan secara mandiri dengan tiga format rilisan yakni Deluxe Edition, reguler (Compact Disc-CD) dan digital. Sebagai pemanasan bagi album tersebut, duo yang diperkuat oleh Sarah Saputri (vokal, harmonica) dan Nissan Fortz (gitar, vokal) ini merilis single terbaru, berjudul “Funky Girl”.

Lagu ini sudah bisa dinikmati dan dimiliki dalam format digital melalui iTunes Store, juga di layanan musik streaming seperti Apple Music, Spotify, Amazon Music, Deezer, Tidal, Guvera dan lain-lain. Terhitung, Rabu, 5 Oktober 2016.

Boleh dibilang single ini adalah jembatan dan angin segar menuju album penuh perdana Sarah N’ Soul yang sudah nyaris 100 persen siap dipasarkan. Bukan tanpa alasan pula, Sarah N’ Soul sengaja mengeluarkan “Funky Girl”.

Pasalnya, single tersebut juga merupakan puncak dari tahapan perjalanan Sarah N’ Soul yang selama ini sudah “menabung” untuk album penuh perdana, single ini juga sekaligus membeberkan tentang citra baru dari duo yang terbentuk pada 2010 silam ke arah yang kian berkembang baik secara musikalitas maupun lirikal.

Menurut Sarah N’ Soul, “Funky Girl” pada dasarnya, bercerita tentang gambaran atau sifat dasar dari seorang perempuan, dalam hal ini mengenai kecantikan sejati yang dimiliki oleh dan bagi setiap perempuan.

“Tidak bermaksud menggurui, lewat lagu ini, saya (kami) hanya ingin mengingatkan atau memunculkan kesadaran tentang pentingnya kecantikan (sejati), yang mana setiap perempuan pasti memilikinya. Sebuah kecantikan yang muncul dari dalam diri, tidak hanya sesuatu yang (harus) bisa dipoles dari luar saja,” terang Sarah Saputri dari rilis yang diterima Merdeka Bandung.

Sang vokalis ini berujar, bahwa inspirasi dan sumber untuk penulisan lirik “Funky Girl” datang dari pengalaman pribadi dan dari apa yang selama ini coba ia terapkan pada diri sendiri, baik itu tentang sebuah persepsi atau juga pandangannya terhadap semua perempuan yang pernah ia temui, bahkan hingga potret (fenomena) yang dialami oleh hampir seluruh perempuan yang ada di seluruh dunia.

“Sebagai seorang perempuan, saya miris melihat fenomena yang terjadi belakangan ini, banyak sekali perempuan yang merasa tidak percaya diri—tidak merasa cantik lantas rela melakukan apa saja untuk mempercantik diri. Oleh karenanya, lewat lagu ini saya (kami) ingin menyampaikan bahwa semua perempuan itu memiliki kecantikan sejati, perempuan itu memiliki segalanya. Harusnya mereka sadar akan hal itu (kecantikan, red),” ungkap Sarah.

Sementara itu, dari segi musikal, Sarah N’ Soul menyuguhkan kemasan musik bernafaskan blues dengan beat dan bass bercita rasa funky yang kental nan berulang-ulang, ditaburi hentakan namun tetap menyimpan kejutan di setiap part-part lagunya. Progresi chord yang jarang digunakan, juga coba dituangkan dalam lagu ini, serta tidak lupa, kemewahan bunyi trumpet yang digiring untuk memompa pola penegasan bentuk nyata dari irama Funk secara otentik.

Kredit

Bagikan