1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

NextDev Academy jadi ajang dukung wirausaha dibidang digital

"Showcase The NextDev Academy merupakan upaya dukungan Telkomsel untuk para wirausaha di bidang digital," kata Agustiyono.

NextDev Academy. ©2016 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Senin, 11 September 2017 13:10

Merdeka.com, Bandung - Menggenjot para wirausaha untuk berkecimpung dibidang digital menjadi fokus dari Telkomsel saat ini. Dukungan tersebut dihadirkan dalam hajatan bertajuk NextDev Academy. Kegiatan ini merupakan ajang unjuk gigi bagi para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya ke ranah digital.

General Manager Sales Regional Jabar Telkomsel Agustiyono mengatakan, Showcase The NextDev Academy Bandung merupakan sebuah ajang untuk memperkenalkan para startup yang telah mendapatkan pendampingan dan pengembangan dalam NextDev Academy.

Showcase yang diselenggarakan di 23 Paskal Mall ini diselenggarakan Sabtu (9/9) dan Minggu (10/9). Aktivitas ini menampilkan 10 finalis kompetisi The NextDev tahun 2015 dan 2016 yang terpilih sebagai 10 besar peserta The NextDev Academy berdasarkan beberapa parameter penilaian, yakni performansi secara kuantitatif, kematangan produk, validitas model bisnis, serta kehandalan komunikasi publik dan pemasaran.

Kesepuluh startup itu adalah Eragano, Kostoom, Gandeng Tangan, Vestifarm, Jejakku, The Denim Club, Habibi Garden, Juru Parkir, Kredibel, dan Angkuts.

"Showcase The NextDev Academy merupakan upaya dukungan Telkomsel untuk para wirausaha di bidang digital agar dapat mengembangkan sekaligus memperkenalkan kepada generasi muda potensi dari Digipreunership yang mampu menghadirkan solusi optimal bagi kendala yang di temukan di lingkungan sosial, rutinitas keseharian,transportasi hingga kesehatan," ujar Agustiyono, Sabtu (9/9).

Pada hari pertama Showcase, 10 besar finalis The NextDev Academy 2017 tersebut melakukan demo dan team pitching untuk menginspirasi pengunjung dengan aplikasi yang mereka kreasikan.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi talkshow yang menghadirkan para praktisi di industri startup, yakni Yoris Sebastian (Founder & Creative Thinker OMG Consulting), Iman Usman (Co-Founder & CEO RuangGuru), Dennis Adhiswara (CEO Layaria), Gibran Huzaifah (Founder & CEO eFishery), Peter Shearer (Managing Director AR & Co), dan Yansen Kamto (Founder Kibar).

Sementara pada hari kedua diadakan rocket pitching untuk menjaring calon finalis Kompetisi The NextDev 2017. Pendaftaran rocket pitching dibuka sebelum roadshow untuk 20 pendaftar dengan masing-masing tim beranggotakan maksimal tiga orang.

Masing-masing tim peserta diberi waktu selama tiga menit untuk mempresentasikan ide aplikasi yang memaparkan problem, solusi, dan model bisnis untuk isu perkotaan. Adapun topik yang bisa dipilih sama dengan kategori dalam Kompetisi The NextDev 2017, yakni e-Health (kesehatan), e-Education (edukasi), e-Agriculture (agrikultur), dan e-Transportation (transportasi). Penentuan peserta terbaik dalam rocket pitching tersebut dilakukan oleh para juri yang berpengalaman di bidang startup digital.

"Dua peserta terbaik dalam rocket pitching di masing-masing kota memperoleh hadiah spesial. Peserta terbaik pertama berhak atas golden ticket ke 20 besar Kompetisi The NextDev 2017 serta saldo TCASH sebesar Rp 3 juta. Sementara itu, peserta terbaik kedua meraih tiket ke tahap 100 besar kompetisi yang sama dan saldo TCASH sebesar Rp 1 juta," jelasnya.

Antusiasme peserta NextDev di tahun 2017 ini terlihat dari peserta sosialisasi yang mampu menyedot animo hingga lebih dari 150 peserta, yang diharapkan mampu menginspirasi serta mengembangkan aplikasinya secara lebih efektif, sekaligus turut berperan serta dalam menjaga keberlangsungan komunitas pengembang aplikasi dan ekosistem digital berbasis aplikasi.

Dalam pelaksanaan di Bandung ini sendiri, sekitar 30 peserta startup baru langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti sesi Rocket Pitching. Dengan Potensi pasar di generasi muda mencapai lebih dari 1,6 juta pelanggan serta pertumbuhan utilisasi trafik data mencapai 168 persen dibandingkan tahun lalu.

Telkomsel berharap melalui ajang NextDev para generasi muda khususnya di Jawa Barat mampu memanfaatkan akses komunikasi, data serta informasi melalui jaringan Telkomsel dengan menghadirkan aplikasi yang solutif dan menginspirasi bagi masyarakat luas.

 

(FF/AA)
  1. Teknologi digital
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA