1. BANDUNG
  2. GAYA HIDUP

Melakukan yoga saat berpuasa, boleh banget!

"Sebenarnya tidak ada yang salah dengan melakukan yoga saat berpuasa. Asalkan pilih jenis yoga yang tidak menguras tenaga dan waktu," ujar Ratna.

Ilustrasi yoga. ©2016 Merdeka.com Reporter : Astri Agustina | Rabu, 29 Juni 2016 15:07

Merdeka.com, Bandung - Tak sedikit orang berpikir melakukan olahraga yoga saat berpuasa itu dilarang, hal tersebut salah besar. Berpuasa tentu bukan halangan untuk melakukan olahraga yoga.

Pemilik Aage Yoga, Ratna Kusumadewi menjabarkan, sebaiknya yoga perlu dijadikan sebagai kebutuhan untuk hidup. Untuk itu, baik sedang berpuasa atau tidak, tak ada larangan melakukan yoga. "Puasa merupakan proses detoksifikasi. Yoga bagus untuk metabolisme tubuh. Jadi tetap melakukan yoga saat berpuasa, tentu sangat baik untuk tubuh," ujar Ratna kepada Merdeka Bandung, Rabu (29/6).

Olahraga di waktu puasa seringkali dihindari karena tubuh akan terasa lemas dan dikhawatirkan dehidrasi akibat kekurangan cairan, namun hal tersebut keliru. Olahraga justru akan membuat tubuh lebih segar dengan banyaknya keringat yang dikeluarkan. Secara otomatis tubuh akan membutuhkan cairan cukup banyak dan itu akan terganti saat momen buka puasa ataupun sahur.

"Sebenarnya tidak ada yang salah dengan melakukan yoga saat berpuasa. Asalkan pilih jenis yoga yang memang tidak terlalu menguras tenaga, serta waktu pelaksanaannya," ujarnya.

Untuk melakukan yoga saat berpuasa, ada baiknya melakukan yoga yang mampu membuat tubuh lebih rileks, jangan memilih yoga dengan kekuatan penuh atau high power.

Untuk pelaksanaannya juga sebaiknya dilakukan sebelum berbuka puasa. Sehingga rentang waktu yang dibutuhkan setelah melakukan yoga untuk minum tak akan terlalu lama.

(FF/AA)
  1. Info Kesehatan
  2. Ramadan 2016
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA