8 Gerbang tol di Bandung Raya

user
Farah Fuadona 05 Februari 2016, 13:35 WIB
untitled

Bandung.merdeka.com - Jalan tol sering menjadi solusi manakala menghadapi kemacetan atau mempercepat menuju tujuan. Begitu juga di Bandung Raya yang saat memililiki delapan gerbang tol yang menghubungkan ke berbagai tempat wisata maupun pusat bisnis dan fesyen.  

Berdasarkan penelusuran Merdeka Bandung, berikut adalah gerbang tol yang tersebar di barat hingga timur Bandung :

1 Gerbang Tol Padalarang

Gerbang tol ini bagian barat Tol Padaleunyi (Padalarang-Cileunyi). Gerbang Tol Padalarang berada di Padalarang yang menghubungkan dengan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang). Keluar dari Gerbang Tol Padalarang bisa menuju daerah-daerah di Kabupaten Bandung Barat misalnya objek wisata Situ Ciburuy, Waduk Saguling, Purwakarta, Cianjur, Bogor, Sukabumi dan seterusnya.

2 Gerbang Tol Baros.

Gerbang tol ini berada di Kota Cimahi, kota tetangga Bandung, tepatnya di Jalan HMS Mintareja SH, Cimahi Tengah. Tol ini juga menghubungkan dengan Tol Cipularang. Keluar dari gerbang tol ini bisa menuju Kota Cimahi, Leuwigajah, dan menuju Kota Bandung.

3 Gerbang Tol Pasteur

Gerbang Tol Pasteur berada di Jalan Dr. Djunjunan, Kota Bandung. Keluar dari gerbang tol ini bisa menuju Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Tak jauh dari depan gerbang terdapat Fly Over Pasupati yang bisa mengantarkan ke pusat kota Bandung seperti Gedung Sate maupun Balaikota Bandung. Jalan layang tersebut juga bisa mengantar ke Dago (Ir H Djuanda), Jalan Riau (Martadinata), Terminal Cicaheum atau pusat-pusat belanja.

4 Gerbang Tol Pasir Koja

Gerbang tol ini keluar di Pasir Koja yang bisa menuju pusat Kota Bandung seperti Alun-alun Bandung, Pasar Baru, Terminal Leuwi Panjang, Cibaduyut dan seterusnya.

5 Gerbang Tol Kopo

Gerbang tol ini keluar di Kopo, bisa menuju pusat Kota Bandung seperti Cibaduyut, Jalan Soekarno-Hatta maupun menuju Bandung Selatan seperti Soreang dan Ciwidey.

6 Gerbang Tol Moch Toha

Gerbang tol ini keluar di Jalan Mohammad Toha. Keluar dari tol ini bisa menuju Bandung Kota seperti Tegalega maupun daerah Banjaran dan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

7 Gerbang Tol Buah Batu

Gerbang tol ini juga menghubungkan Bandung kota dengan Bandung selatan seperti Bojongsoang, Dayeuhkolot, Baleendah, dan seterusnya.

8 Gerbang Tol Cileunyi

Gerbang Tol Cileunyi berada di timur Bandung yang berada di Cileunyi, Kabupaten Bandung. Keluar dari tol ini bisa menuju Bandung kota via Cileunyi. Tol ini juga menghubungkan dengan Jatinangor, Sumedang, dan Cirebon. Selain itu, keluar dari tol Cileunyi bisa menuju jalur Nagreg via Rancaekek. Jalur ini bisa menuju ke Garut, Tasikmalaya, Ciamis, hingga ke Jawa Tengah via jalur selatan.

Kredit

Bagikan